Latest News

Coop Zenrosai - Koperasi Asuransi Jepang

Senin, 15 Juni 2009 , Posted by Majid Hamidi Nanlohy at 13.19

Majid Hamidi Nanlohy
Zenrosai adalah salah satu koperasi asuransi paling maju di Jepang, dengan jumlah anggota mencapai 13,9 juta orang. Koperasi ini hadir sebagai penunjang kesejahteraan anggotanya.

Jepang bukan hanya dikenal sebagai negara industri, yang sanggup menyalip perkembangan industri ne­gara-negara barat. Di negeri Matahari Terbit ini, koperasinya pun mengalami perkembangan yang mencengangkan. Zen-Noh, sekunder koperasi pertanian Jepang, telah menjelma menjadi kope­rasi terbesar sejagad, versi Internatio­nal Co-operative Alliance (ICA), melewati perkembangan koperasi-koperasi di Ero­pa dan Amerika Serikat, yang mempunyai sejarah jauh lebih panjang.

Koperasi-koperasi raksasa di Jepang, hampir semuanya memiliki unit usaha asuransi. Namun, ada juga yang secara khusus bermain di asuransi. Salah satu koperasi asuransi paling mencorong di Jepang, adalah Zenrosai. Di ranah industri asuransi Jepang, Zenrosai masuk ke jajaran elit perusahaan asuransi, lantaran kinerjanya yang mumpuni.

Berdiri sejak September 1957, Zenrosai berhasil menjadi salah satu “duta koperasi”, untuk menunjukkan keunggulan koperasi dibanding perusahaan swasta, terutama dalam hal membe­rikan layanan terbaik dan paling me­nguntungkan.

Sebagai koperasi, sejak awal, Zenrosai tidak semata-mata mengejar laba. Orientasi utamanya ada­lah, memberikan keuntungan maksimal pada anggotanya. Kontribusi ang­gota dalam bentuk simpanan dan pembayaran premi, diakumulasikan untuk kemudian memberikan pelayanan terbaik. Sebagai pemilik, anggota juga mempunyai akses terhadap pro­ses pengambilan keputusan strategis, dan pengawasan, melalui mekanisme yang disepati bersama.

Di Koperasi Zenrosai, setiap anggota akan merasakan manfaat ekonomi yang besar, di sisi lain ia juga memberikan kontribusi untuk memperlancar bisnis koperasi. Semboyan all for one, one for all yang sangat populer itu, selalu diusung Zenrosai sebagai tag line karena pas dengan prinsip pengelolaan koperasi.

Saat ini, Zenrosai memiliki anggota sebanyak 13,9 juta orang. Mereka adalah pemegang polis dari berbagai produk asuransi yang dikeluarkan Zen­­rosai. Total asset yang berhasil dihimpun, mencapai 2.822 miliar Yen, dan pendapatan bersih 583,4 miliar Yen.

Bermula dari Pekerja
Ide pembentukan Zenrosai, mula­nya dibesut oleh para pekerja yang ingin mengasuransikan diri, namun ti­dak sanggup membayar premi dari pro­duk asuransi perusahaan swasta. Ketika itu, aktivis pekerja dari National Workers’ Employee yang bergerak secara volunteer, merintis pembentukan ke­lompok pekerja dengan filosofi saling me­ngun­tungkan dan solidaritas. Kelompok inilah yang kemudian men­jelma menjadi Koperasi Asuransi Zenrosai.

Sejak awal, Zenrosai sudah menan­capkan komitmen kuat untuk sepenuhnya berjalan dengan prinsip koperasi, karena di situlah ia menjadi beda dengan perusahaan asuransi biasa. Ber­bagai bentuk pelayanan yang diberikan, benar-benar memelihara kesadaran pada anggotanya, bahwa mere­ka adalah pemilik Zenrosai.

Keadaan itulah yang kemudian mem­permudah Zenrosai untuk me­ngem­bangkan usahanya, lantaran selalu mendapat dukungan penuh dari anggota. Jumlah anggota pun terus meningkat, sehinga mereka dibagi dalam sejumlah kelompok. Dari 12,9 juta anggota, saat ini terbagi dalam 28.673 kelompok anggota.

Produk asuransi yang ditawarkan pun makin beragam, mulai asurasi jiwa, kesehatan, kerusak­an harga benda, bencana, dan sebagainya. Untuk ke­giatan operasional, Zenrosai didukung 3,592 karyawan tetap, yang secara re­gular mengikuti berbagai jenis pelatih­an untuk mening­katkan kapasitasnya.

Selain melansir berbagai produk asuransi baru, sesuai dengan kebutuh­an anggota, Zenrosai juga membentuk anak perusahaan, untuk menangani ska­la usaha yang makin membesar. Saat ini terdapat sembilan anak perusahaan. Delapan perusahaan, kepemilikan sahamnya 100 persen di tangan Zenrosai, sedangkan satu perusahaan lagi 90 persen.

Sebagai koperasi, Zenrosai tidak bergerak sendiri. Dalam bidang tertentu, bekerja sama dengan koperasi asuransi lain yang ada di Jepang. Pada 1987, koperasi-koperasi ini membentuk Saikyosairen, sebuah perusahaan reasuransi khusus untuk berbagai pro­duk yang dikeluarkan koperasi asu­ransi. Langkah ini makin memperkokoh keberdaan koperasi di ranah industri asuransi Jepang.

Kerja sama juga banyak dilakukan Zenrosai dengan koperasi lain di Jepang, yang bergerak di bidang yang berbeda, seperti koperasi pertanian, nelayan dan konsumen. Sebagian ang­gota Zenrosai, adalah anggota koperasi-koperasi tersebut. Lebih dari itu, Zenrosai aktif melakukan berbagai kegiatan sosial, yang kini poluler de­ngan istilah corporate social responsibi­lity (CSR).

Misalnya, sejak 1992 Zenrosai membentuk sejumlah kelompok volunteer yang konsen pada isu lingkungan hi­dup. Saat ini, sudah terdapat 54 ke­lompok. Kegiatan mereka sepenuhnya didukung Zenrosai, dengan dana sekitar 28,7 juta Yen. Ada juga aktivitas yang membantu anak-anak, terutama yang kehilangan orang tua dan terkena musibah bencana alam. Bantuan ini bukan hanya ditujukan pada anak-anak di Jepang, tetapi yang paling banyak justru di luar Jepang, seperti Vietnam, Kamboja, dan Nepal. Melalui Ashinaga, sebuah organisasi nirlaba, Zenrosai mem­bantu pendidikan anak-anak ku­rang beruntung itu.

Untuk masyarakat Jepang, terutama yang tinggal di daerah-dae­rah rawan bencana, Zenrosai terlibat aktif dalam membangun sistem peri­ngatan dini, dan kegiatan tanggap da­ru­rat yang setiap saat bersiaga jika terjadi bencana. Kemudian, bekerja sama dengan Tok­yo Institute of Technology, sejak 2007 me­nyelenggarakan kursus reguler ten­tang manajemen risiko bagi para pe­kerja, untuk meningkatkan ting­­kat kese­jah­teraan mereka dalam jangka panjang.

Sebagai koperasi, Zenrosai menyadari tentang pentingnya mengembang­kan jalinan kerja sama, bukan hanya di Jepang tetapi juga di level internasio­nal. Karena itu, Zenrosai aktif sebagai anggota pada International Co-operative Alliance (ICA), khususnya untuk regional Asia-Pasifik (ICA-AP). Dalam wadah koperasi dunia ini, secara khusus Zenrosai aktif di International Co-operative and Mutual Insurance Fede­ration (ICMF). Melalui ICMF, sejak 1962 Zenrosai membantu pengembangan koperasi asuransi di berbagai negara, terutama negara berkembang.

Dengan pengalaman yang sangat panjang, lebih dari setengah abad, Zenrosai siap menghadapi era baru, yang ditandai oleh perubah­an serba cepat dan persaingan ketat. “De­ngan menjalankan prinsip koperasi secara konsisten, kami akan tetap menjadi perusahaan asuransi yang unik, ter­utama dalam hal memberikan keuntungan lebih besar pada anggota,” ujar Ketua Umum Zenrosai, Tamotsu Ishikawa.

Salah satu langkah penting untuk menjamin kelangsungan hidup di masa depan, Zenrosai melakukan berbagai program untuk anak-anak anggota. “Ka­mi berusaha, agar mereka sudah merasakan manfaatkan koperasi sejak dini. Ini investasi masa depan yang sa­ngat penting,” imbuh Ishikawa. (Husni Rasyad)

Currently have 0 komentar:

Leave a Reply

Poskan Komentar