Coop Zenrosai - Koperasi Asuransi Jepang
Zenrosai adalah salah satu koperasi asuransi paling maju di Jepang, dengan jumlah anggota mencapai 13,9 juta orang. Koperasi ini hadir sebagai penunjang kesejahteraan anggotanya.
Jepang bukan hanya dikenal sebagai negara industri, yang sanggup menyalip perkembangan industri negara-negara barat. Di negeri Matahari Terbit ini, koperasinya pun mengalami perkembangan yang mencengangkan. Zen-Noh, sekunder koperasi pertanian Jepang, telah menjelma menjadi koperasi terbesar sejagad, versi International Co-operative Alliance (ICA), melewati perkembangan koperasi-koperasi di Eropa dan Amerika Serikat, yang mempunyai sejarah jauh lebih panjang.
Koperasi-koperasi raksasa di Jepang, hampir semuanya memiliki unit usaha asuransi. Namun, ada juga yang secara khusus bermain di asuransi. Salah satu koperasi asuransi paling mencorong di Jepang, adalah Zenrosai. Di ranah industri asuransi Jepang, Zenrosai masuk ke jajaran elit perusahaan asuransi, lantaran kinerjanya yang mumpuni.
Berdiri sejak September 1957, Zenrosai berhasil menjadi salah satu “duta koperasi”, untuk menunjukkan keunggulan koperasi dibanding perusahaan swasta, terutama dalam hal memberikan layanan terbaik dan paling menguntungkan.
Sebagai koperasi, sejak awal, Zenrosai tidak semata-mata mengejar laba. Orientasi utamanya adalah, memberikan keuntungan maksimal pada anggotanya. Kontribusi anggota dalam bentuk simpanan dan pembayaran premi, diakumulasikan untuk kemudian memberikan pelayanan terbaik. Sebagai pemilik, anggota juga mempunyai akses terhadap proses pengambilan keputusan strategis, dan pengawasan, melalui mekanisme yang disepati bersama.
Di Koperasi Zenrosai, setiap anggota akan merasakan manfaat ekonomi yang besar, di sisi lain ia juga memberikan kontribusi untuk memperlancar bisnis koperasi. Semboyan all for one, one for all yang sangat populer itu, selalu diusung Zenrosai sebagai tag line karena pas dengan prinsip pengelolaan koperasi.
Saat ini, Zenrosai memiliki anggota sebanyak 13,9 juta orang. Mereka adalah pemegang polis dari berbagai produk asuransi yang dikeluarkan Zenrosai. Total asset yang berhasil dihimpun, mencapai 2.822 miliar Yen, dan pendapatan bersih 583,4 miliar Yen.
Bermula dari Pekerja
Ide pembentukan Zenrosai, mulanya dibesut oleh para pekerja yang ingin mengasuransikan diri, namun tidak sanggup membayar premi dari produk asuransi perusahaan swasta. Ketika itu, aktivis pekerja dari National Workers’ Employee yang bergerak secara volunteer, merintis pembentukan kelompok pekerja dengan filosofi saling menguntungkan dan solidaritas. Kelompok inilah yang kemudian menjelma menjadi Koperasi Asuransi Zenrosai.
Sejak awal, Zenrosai sudah menancapkan komitmen kuat untuk sepenuhnya berjalan dengan prinsip koperasi, karena di situlah ia menjadi beda dengan perusahaan asuransi biasa. Berbagai bentuk pelayanan yang diberikan, benar-benar memelihara kesadaran pada anggotanya, bahwa mereka adalah pemilik Zenrosai.
Keadaan itulah yang kemudian mempermudah Zenrosai untuk mengembangkan usahanya, lantaran selalu mendapat dukungan penuh dari anggota. Jumlah anggota pun terus meningkat, sehinga mereka dibagi dalam sejumlah kelompok. Dari 12,9 juta anggota, saat ini terbagi dalam 28.673 kelompok anggota.
Produk asuransi yang ditawarkan pun makin beragam, mulai asurasi jiwa, kesehatan, kerusakan harga benda, bencana, dan sebagainya. Untuk kegiatan operasional, Zenrosai didukung 3,592 karyawan tetap, yang secara regular mengikuti berbagai jenis pelatihan untuk meningkatkan kapasitasnya.
Selain melansir berbagai produk asuransi baru, sesuai dengan kebutuhan anggota, Zenrosai juga membentuk anak perusahaan, untuk menangani skala usaha yang makin membesar. Saat ini terdapat sembilan anak perusahaan. Delapan perusahaan, kepemilikan sahamnya 100 persen di tangan Zenrosai, sedangkan satu perusahaan lagi 90 persen.
Sebagai koperasi, Zenrosai tidak bergerak sendiri. Dalam bidang tertentu, bekerja sama dengan koperasi asuransi lain yang ada di Jepang. Pada 1987, koperasi-koperasi ini membentuk Saikyosairen, sebuah perusahaan reasuransi khusus untuk berbagai produk yang dikeluarkan koperasi asuransi. Langkah ini makin memperkokoh keberdaan koperasi di ranah industri asuransi Jepang.
Kerja sama juga banyak dilakukan Zenrosai dengan koperasi lain di Jepang, yang bergerak di bidang yang berbeda, seperti koperasi pertanian, nelayan dan konsumen. Sebagian anggota Zenrosai, adalah anggota koperasi-koperasi tersebut. Lebih dari itu, Zenrosai aktif melakukan berbagai kegiatan sosial, yang kini poluler dengan istilah corporate social responsibility (CSR).
Misalnya, sejak 1992 Zenrosai membentuk sejumlah kelompok volunteer yang konsen pada isu lingkungan hidup. Saat ini, sudah terdapat 54 kelompok. Kegiatan mereka sepenuhnya didukung Zenrosai, dengan dana sekitar 28,7 juta Yen. Ada juga aktivitas yang membantu anak-anak, terutama yang kehilangan orang tua dan terkena musibah bencana alam. Bantuan ini bukan hanya ditujukan pada anak-anak di Jepang, tetapi yang paling banyak justru di luar Jepang, seperti Vietnam, Kamboja, dan Nepal. Melalui Ashinaga, sebuah organisasi nirlaba, Zenrosai membantu pendidikan anak-anak kurang beruntung itu.
Untuk masyarakat Jepang, terutama yang tinggal di daerah-daerah rawan bencana, Zenrosai terlibat aktif dalam membangun sistem peringatan dini, dan kegiatan tanggap darurat yang setiap saat bersiaga jika terjadi bencana. Kemudian, bekerja sama dengan Tokyo Institute of Technology, sejak 2007 menyelenggarakan kursus reguler tentang manajemen risiko bagi para pekerja, untuk meningkatkan tingkat kesejahteraan mereka dalam jangka panjang.
Sebagai koperasi, Zenrosai menyadari tentang pentingnya mengembangkan jalinan kerja sama, bukan hanya di Jepang tetapi juga di level internasional. Karena itu, Zenrosai aktif sebagai anggota pada International Co-operative Alliance (ICA), khususnya untuk regional Asia-Pasifik (ICA-AP). Dalam wadah koperasi dunia ini, secara khusus Zenrosai aktif di International Co-operative and Mutual Insurance Federation (ICMF). Melalui ICMF, sejak 1962 Zenrosai membantu pengembangan koperasi asuransi di berbagai negara, terutama negara berkembang.
Dengan pengalaman yang sangat panjang, lebih dari setengah abad, Zenrosai siap menghadapi era baru, yang ditandai oleh perubahan serba cepat dan persaingan ketat. “Dengan menjalankan prinsip koperasi secara konsisten, kami akan tetap menjadi perusahaan asuransi yang unik, terutama dalam hal memberikan keuntungan lebih besar pada anggota,” ujar Ketua Umum Zenrosai, Tamotsu Ishikawa.
Salah satu langkah penting untuk menjamin kelangsungan hidup di masa depan, Zenrosai melakukan berbagai program untuk anak-anak anggota. “Kami berusaha, agar mereka sudah merasakan manfaatkan koperasi sejak dini. Ini investasi masa depan yang sangat penting,” imbuh Ishikawa. (Husni Rasyad)
Currently have 0 komentar: